Ibu Hamil Konsumsi Apel, Bayi Bebas Asma

Quantcast

Penelitian baru menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi apel selama masa kehamilannya dapat melindungi bayinya dari menderita asma dan gejala serupa.
Dalam penelitian tersebut, para peneliti dari Belanda dan Skotlandia, yang dipimpin oleh S.M. Willers dari Universitas Utrecht melacak makanan hampir 2 ribu wanita hamil dan memeriksa kesehatan paru-paru dari 1.253 orang anak mereka.

Pada usia 5 tahun, sekitar 162 anak (12.9 persen) menderita gangguan pernafasan dalam beberapa tahun terakhir dan 145 anak (11,6 persen) telah dipastikan menderita asma oleh dokter.

Di antara berbagai jenis makanan yang dimakan oleh para ibu hamil, hanya konsumsi apel yang menunjukkan keterkaitan yang konsisten dengan kemunculan gangguan pernafasan dan asma pada masa kanak-kanak, menurut laporan tim itu yang diterbitkan di jurnal kesehatan Thorax. Itu adalah penemuan baru, kata Willers dan rekan-rekannya.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi lebih dari empat apel setiap pekan mengalami penurunan resiko ganggguan pernafasan sekitar 37 persen dan penurunan resiko menderita asma 53 persen, dibandingkan dengan para ibu hamil yang tidak mengonsumsi satu, atau tidak sebuah pun, apel setiap pekannya selama masa kehamilan.

Hubungan yang spesifik ditemukan pada apel, dan bukan pada jumlah total buah yang dikonsumsi atau jeruk, jus buah atau konsumsi sayuran, yang pengaruhnya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan dampak spesifik apel, menurut para peneliti, itu mungkin disebabkan oleh kandungan phytokimia apel, seperti flavonoid, yang memberikan dampak positif bagi fungsi paru-paru pada orang dewasa.

Penelitian itu juga menunjukan bahwa mengonsumsi ikan selama masa kehamilan dapat mengurangi resiko alergi kulit eksema. Anak-anak dari ibu yang mengonsumsi ikan sekali dalam satu pekan atau lebih selama masa kehamilan memiliki resiko menderita eksema lebih rendah 43 persen dibandingkan anak-anak yang ibunya menghindari makan ikan.

“Jika hasil ini telah dikonfirmasi,” kata para penyelidik tersebut, “rekomendasi mengenai perubahan makanan selama masa kehamilan mungkin membantu melindungi anak-anak dari asma dan alergi.” Antara/Reuters Health

Sumber : Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s